11/25/2011

Amati Dahulu Postingan Website Penjual Sebelum Anda Transaksi

Postingan kali ini sedikit mengulas langkah awal yang harus ditempuh ketika posisi kita sebagai calon pembeli baik produk maupun jasa lewat online.
Langkah paling utama bagi seorang pembeli online adalah mengamati secara seksama website atau blog milik penjual produk yang anda cari tersebut.
Pengamatan dan penilaian anda yang dapat digunakan sebagai bahan masukan antara lain:
  1. Kapan situs tersebut berdiri atau mulai mengudara di dunia online (internet). Hal ini penting, karena menyangkut kredibilitas, keseriusan dan keberadaan pemilik situs. Jika kesulitan mencari informasi situs tersebut, anda bisa memanfaatkan layanan website di http://who.is. Anda tinggal ketik aja alamat situs.
  2. Lihat penjelasan dan artikel - artikel yang ada dalam postingan website penjual. Dalam hal ini si pemilik rutin memposting artikel atau tidak. Jika ia memang serius berjualan, maka ia rajin memposting atau mengupdate status websitenya. Ibarat pemilik dagangan di pasar, pasti si penjual selalu nongkrongin dagangannya. Untuk mengukur ini, paling sederhana kita bisa melihat kapan tanggal terakhir status update yang di upload atau diposting pemilik situs. Bisa jadi si pemilik website sudah menjadualkan tiap bulan harus minimal berapa postingan untuk update statusnya. Jika hanya ada pajangan produk tanpa penjelasan dan update status, wajib bagi anda pikir - pikir dahulu sebelum transaksi. Atau mudahnya tanpa link ke situs penjelas tentang produk tersebut maka jangan cepat - cepat bertransaksi.
  3. Bisa jadi penjelasan produk belum tentu di satu situs, mungkin penjual ingin memaksimalkan beberapa situs miliknya. Pasti penjual akan memberikan alamat link tersebut. Maka anda, ikuti terus link yang tertera lalu cek seperti langkah 1 dan 2 serta keberadaan nomor telpon dan handphone sama tidak dengan situs sebelumnya.
Demikianlah, update status postingan di website penjual adalah sangat penting bagi calon - calon pembeli via online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar